Minggu, 11 November 2012

Sungai Digul

Sungai Digul merupakan sungai yang terletak di Provinsi Papua.  Sungai ini merupakan salah satu dari 5 sungai terpanjang di Indonesia dan memiliki panjang sungai kira-kira mencapai 546 km.
Sungai Digul ini memiliki beberapa anak sungai diantaranya adalah anak sungai Mappi yang menghubungkan Kabupaten Mappi dengan Boven Digul dan juga anak sungai Mandobo yang menghubungkan Tanah Merah dengan Kecamatan Mandobo.
 
Luas sungai ini akan melebar jika musim penghujan datang dan air sungainya akan menjadi keruh yang disebabkan tipe tanah yang berlumpur. Sedangkan pada musim kemarau air sungai  jernih.

                  Banyak tumbuhan pakis dan tanaman-tanaman  merambat lainnya yang tumbuh didekat sungai ini. Didalam sungai terdapat hewan air tawar seperti buaya, kura-kura dan berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan gurameh, ikan mujair, ikan lele, ikan gabus dan kura-kura.
 Sungai ini digunakan sebagai sarana transportasi yang menghubungkan satu daerah ke daerah yang lain. Digunakan sebagai sarana transportasi juga karena didekat sungai ini terdapat dua perusahaan yaitu Perusahaan Sawit dan Perusahaan Kayu untuk pembuatan Tripleks.
Dampak yang mungkin terjadi jika limbah pabrik tersebut ada didalam sungai dan tidak ada penanganan yang serius maka kemungkinan 10-20 tahun kemudian hewan-hewan yang berada dalam air sungai tersebut terancam akan punah.


1 komentar: